Senin, 04 April 2011

Resume Materi Ekologi Laut Tropis

Energi
Dua hukum termodinamika yang terdapat dalam daur energi ekosistem
Hukum termodinamika I : Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan tetapi dapat di ubah dari satu bentu ke bentuk lainnya (jumlah energi konstan).
Hukum termodinamika II : Setiap terjadi perubahan bentuk energy terjadi degradasi energy dari bentuk energy yang terpusat menjadi bentuk energy yang terpencar, energi tidak pernah tercapai efisiensi 100%. Dalam proses perubahan satu bentuk energi menjadi bentuk energi yang lain selalu menghasilkan sisa yang disebut dengan entropi.
Aliran energi di alam mengacu terhadap hukum termodinamika tersebut. Dengan proses fotosintesis energi cahaya matahari ditangkap oleh tumbuhan dan diubah menjadi energi kimia yang disimpan di dalam tubuh. Proses aliran energi berupa proses rantai makanan.

Tumbuhan sebagai produsen dimakan oleh hewan herbivora, dengan demikian energi makanan dari tumbuhan mengalir di tubuh herbivora. Herbivora dimakan hewan karnivora, sehingga energi makanan herbivora masuk ke tubuh karnivora. Rantai makanan ada banyak dan saling terkait atau berhubungan dengan yang lainnya sehingga membentuk jaring-jaring makanan.

Habitat
Semua makhluk hidup memerlukan tempat tinggal untuk hidup. Tempat dimana spesies tinggal dan berkembang biak dinamakan habitat. Habitat berasal dari bahasa latin yang berarti tempat tinggal.

Habitat merupakan lingkungan yang mempengaruhi dan dimanfaatkan oleh spesies tersebut. Bila pada suatu tempat yang sama hidup berbagai kelompok spesies (mereka berbagi habitat yang sama) maka habitat tersebut disebut sebagai biotop. Pada habitat ini terdapat batasan-batasan terhadap daya dukungnya terhadap mahluk hidup yang hidup di habitat tersebut

Relung (nische)
Menurut Charles Elton (1927) menyatakan bahwa relung merupakan fungsi atau peranan spesies di dalam komunitasnya, yaitu kedudukan suatu spesies dalam komunitas dalam kaitannya dengan peristiwa makan memakan dan pola-pola interaksi yang lain.
Ada peran dari masing-masing makhluk hidup itu termasuk merubah energi, tingkah laku, mengubah lingkungan fisik maupun biologi dan bagaimana organisme dihambat oleh organisme lain disebut niche atau relung.
Dalam sebuah ekosistem yang terdapat beberapa populasi di dalamnya, maka akan terjadi interaksi antara individu dan populasi. Hubungan tersebut disebut hukum interaksi.

Hukum interaksi tersebut meliputi :
·         Interaksi netral yaitu hubungan yang saling tidak berpengaruh satu sama lain.
·         Interaksi kompetisi yaitu hubungan antara komponen ekosistem yang saling bersaing satu sama lain untuk tujuan yang sama.
·         Interaksi predasi yaitu hubungan dimana terjadi peristiwa memangsa dan dimangsa antara komponen ekosistem
·          Interaksi simbiosis mutualisme yaitu hubungan antar komponen ekosistem yang saling menguntungkan satu sama lain.
·         Interaksi simbiosis komensalisme yaitu hubungan antar komponen ekosistem dimana salah satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan dan tidak pula dirugikan.
·         Interaksi simbiosis parasitisme
·         Hubungan antibiosa atau amensalisme

Adaptasi
Adaptasi adalah cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang berubah. Kemampuan adaptasi mempunyai nilai. ada beranekaragam adaptasi antara lain. Organisme yang mampu beradaptasi akan bertahan hidup, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan menghadapi kepunahan atau kelangkaan jenis.

Adaptasi terbagi atas tiga jenis yaitu: Adaptasi morfologi adalah adaptasi yang meliputi bentuk tubuh. Adaptasi Morfologi dapat dilihat dengan jelas. Adaptasi Fisiologi adalah adaptasi yang meliputi fungsi alat-alat tubuh. Adaptasi ini bisa berupa enzim yang dihasilkan suatu organisme. Adaptasi Tingkah Laku adalah adaptasi berupa perubahan tingkah laku.

SUMBER PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Termodinamika
http://id.wikipedia.org/wiki/Energi
http://id.wikipedia.org/wiki/Adaptasi
http://organisasi.org/macam-jenis-adaptasi-makhluk-hidup-morfologi-fisiologi-dan-tingkah-laku-untuk-menyesuaikan-diri
http://id.wikipedia.org/wiki/Habitat
http://dinarardy.wordpress.com/2009/07/13/hukum-termodinamika/


Untuk lanjutan dari resume ini dapat mengunjungi blog partner saya di:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar